Mengapa Saya Tidak Disukai Banyak Orang?

Komunikasi adalah konsumsi sehari-hari setiap anak manusia selain nasi uduk sama air kopi. Komunikasi harus dilakukan agar kebutuhan manusia yang lainnya bisa terpenuhi; orang kepengen makan, beli nasi uduk dulu, ketemu penjualnya, terus bilang kalo kita mau beli nasi uduk, maka makan perlu komunikasi; kemudian orang yang ingin membuat nasi uduk, harus belanja beras dulu ke warung, bilang ke penjualnya kalo dia mau beli beras, maka bikin nasi uduk pun perlu komunikasi; orang ingin buat nasi uduk, perlu beras dulu untuk nasinya dan belanjalah beras ke warung, lalu bicara dengan si penjaga warung, maka belanja perlu komunikasi. Gue dan semua orang udah paham, ada dimanapun kita, pasti kita ga akan kesulitan, asal kita mampu berkomunikasi dengan baik ke orang-orang yang ada di sekitar. Tapi sayangnya, ga semua orang bisa melakukan komunikasi dengan baik. Sama, gue sendiri pun masih ngerasa kalo cara berkomunikasi gue masih jauh dari kata baik.


Komunikasi yang baik atau berhasil bukan kita yang menilai, dan kita ga bisa tau apakah cara komunikasi yang udah kita lakuin udah baik atau belum, hanya hasil yang bisa ngasih tau kita. Gimana kita tau hasilnya? Cara komunikasi yang berhasil bisa kita ketahui dari hasil yang kita lihat dari lawan komunikasi kita, apa dia masih nyaman berkomunikasi dengan kita? Apakah dia masih mengutamakan meminta bantuan dari kita? Dan apakah dia jadi suka berbuat baik ke kita? Bila semua jawabannya adalah ‘iya’ maka kita telah berhasil berkomunikasi, silahkan lakukan selebrasi.
Namun, beberapa manusia termasuk gue masih menemui kendala besar saat berkomunikasi, yaitu pemikiran bahwa “mereka gak suka gue” masih sering muncul di benak, padahal udah sekuat mungkin kita mencoba untuk berkomunikasi dengan cara terbaik yang kita bisa. Memang pada dasarnya, kemampuan berkomunikasi di tiap orang berbeda-beda, dan gue sering ngeliat orang yang masih sepantaran gue udah hebat berkomunikasi dengan semua orang. Gue juga sadar yang membuat mereka hebat berkomunikasi pasti karena mereka memiliki orang didekatnya yang hebat  juga dalam komunikasi, yang bisa memberinya contoh dan arahan dalam komunikasi, baik langsung ataupun enggak.
Perhatikan
“Apakah elo bisa komunikasi dengan baik? Apakah elo bisa bikin orang yang baru lo temuin jadi temen deket lo? Apakah lo bisa bikin orang di sekitar lo nyaman meskipun lo punya kekurangan yang banyak dan kelebihan yang sedikit?” kalo lo bisa ngelakuin itu semua, tolong samperin gue, tolong ajarin gue! Tolong ajari anak yang kurang berkemampuan ini semuanya. Kalo lo sependapat dan juga suka berpikir "kenapa mereka tidak suka saya?” saat lo dalam situasi akan berkomunikasi, gue sedikit tau jawaban dari pemikiran itu, yaitu karena:
1. Saya lumayan egois
Bukannya egois, hanya lumayan egois, ketika mereka tau bahwa kita berkomunikasi dengan mereka hanya bertujuan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, maka mereka akan berusaha menghindari kita di pertemuan selanjutnya. Tenangkan pikiran dan bantulah dia agar akhirnya kita sama-sama saling berusaha memberikan apa yang diinginkan.
2. Pikiran saya belum tenang
Pikiran yang gak tenang bisa membawa petaka, apa  yang menjadi tujuan kita berkomunikasi bisa-bisa dilupakan, apa yang harus dibicarakan bisa-bisa jadi tak karuan. Pikiran kemana mulut kemana, kalo ngomong jadi belepetan hati-hati dia jadi ga nyaman.
3. Suara saya gak jelas
Berbicara dengan suara ga jelas bisa disebabkan karena ragu-ragu saat bicara, ingin sekali menanyakan hal yang sangat penting buat kita, tapi takut menyinggung perasaan dia, lalu jadi ragu, dan jadilah suara kita jadi pelan dan bahkan kaya ngomong sama diri sendiri, kita ngerti, dianya denger, kadang direspon dengan ‘hah?’ sampai berkali-kali kalo kita terus-terusan ngomong gak jelas, dan kadang walaupun dia denger, tapi dia ga hiraukan karena omongan kita ga jelas, yang kaya gini biasanya terjadi kalo ngomong sama orang baru.
4. Saya terus berpikir negatif
“Nanti dia bakal tersinggung kalo gue ngomong gini”, “nanti gue bakal diomongin sama ganknya dia dibelakang kalo gue ngomong gini”, “nanti gue dikeroyokin bapak bapaknya kalo gue ngomong gini”. Mungkin itu akan terjadi, makanya pikirkan matang-matang apa yang sebaiknya kita keluarin dari mulut ini, dan cobalah. Kalau memang kita salah bicara dan mengakibatkan dia tersinggung, minta maaf. Kalo bikin kita diomongin di belakang, percayalah, setiap manusia pasti udah pernah diomongin dibelakang sama temen, pacar, mantan maupun sahabat.
5. Saya sedikit sombong
Jangan bikin kecewa orang yang udah berusaha buat berkomunikasi sama kita, jangan bikin kecewa orang yang udah berusaha membuat ikatan dengan kita, sebaiknya kita ga terlalu milih-milih temen, karena kita butuh komunikasi, butuh bersosial, status temen bisa di dapet belakangan, jangan terlalu dipikirin dia bakal jadi temen kita atau engga, komunikasi aja dulu, status yang menyusul.
6. Tampang saya kurang ramah
Stay cool, tetep keren dan cantik dimanapun lo berada, dengan memasang muka dingin dan berusaha terlihat tenang, tapi malah keliatan angkuh dan sombong, berharap ada yang tertarik dan mengajak kita bicara, malah  jadi kesalahan fatal yang bikin orang beranggapan kalo kita adalah orang yang sulit merespon orang lain, orang yang pilih-pilih buat berkomunikasi, dianggap sombong dan benci bersosial. Berusahalah tersenyum setidaknya menaikkan sisi kiri dan kanan bibir sesedikit mungkin saat bertatap-tatapan mata dengan seseorang. Intinya lo udah dianggap senyum oleh orang tersebut.
7. Saya kurang care
Perhatikan baik-baik isi omongannya saat lo berkomunikasi, apakah ada yang bisa lo bantu untuk dia. Atau saat lo berada dimanapun, mungkin lo ngeliat seseorang yang mengalami kesulitan kecil dan berpikir ga bakal ada efek buruknya kalo lo ngebantu dia, bantulah.
"Lu ngomong apaaa"
Pengalaman yang memberitau kita, karena kita sendiri cuma remaja yang masih cukup jauh dari kata dewasa, masih cukup buruk dalam komunikasi, masih dalam proses pembelajaran, dan gak jarang kita dapet kata-kata dan perlakuan yang menyakitkan hati akibat cara komunikasi kita yang belum baik ini. Buang saja kata mereka yang bilang kalo sifat kita yang belum pandai komunikasi sudah dari sananya buruk dan ga bisa berubah. Karena ga ada manusia yang lahir langsung jadi Presiden, ga ada balita yang sudah bisa berjalan lalu menjadi guru untuk mengajari balita yang lain. Semua harus menempuh sebuah tahap yang disebut dewasa, bukan usia, melainkan sikap yang dewasa.

Link Error

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

20 comments:

  1. saya selalu di buli bnyak org
    tapi saya gx tau karna apa,bhkan guru2 saya jga tidk suka dengan saya
    mungkin karna saya jelek dan bodoh
    tapi tu kan kekurangan saya
    entah bagaimana cara saya menghadapi mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berpikir positif.. senyumi dengan tulus!

      Delete
    2. Ga sprti kmu pikir, cman imajinasimu ajh.. Yg pnting kamu lbih berani dalam hidup

      Delete
  2. saya selalu di buli bnyak org
    tapi saya gx tau karna apa,bhkan guru2 saya jga tidk suka dengan saya
    mungkin karna saya jelek dan bodoh
    tapi tu kan kekurangan saya
    entah bagaimana cara saya menghadapi mereka

    ReplyDelete
  3. Bukan elo doang kali clara begitu mah hw juga sering

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Bagi org2 yg sering dibully, jgn kuatir krn byk org hebat yg dulunya sering diejek. Contoh einstein, oprah, anggap ajah sbg suatu persiapan utk melatih mental kita ke jalan ajaib yg sudh disiapkan Tuhan. Tetap percaya pd diri anda, u r unique n beautiful, ok! Tapi tetap jgn lupa instropeksi. Anda diciptakan utk suatu maksud

    ReplyDelete
  6. Saya juga heran apa yang salah sama diri saya padahal saya sudah berbuat baik jaga ucapan selalu ngalah, jaga perasaan orang, tp kenapa gak ada yg suka😢 Terutama perempuan, mereka kayak pada menjauh, kalau cowok sih lumayan baik

    ReplyDelete
  7. Berpikir positif aja.. dan berusaha menjadi lebih baik ..

    ReplyDelete
  8. sy jg begitu tdk disukai byk org waktu dulu sedih jg kalo diingat.karena tampang saya jutek, padahal saya jg ga mau pnya tampang jutek. yg penting aslinya baik sbnrnya hehe..untuk yg blm kenal pasti tdk suka..tp utk yg sdh kenal skrg justru mereka jd sahabat2 saya. jd be yourself aja.. yg penting qta dah berbuat baik.. org suka tdk suka itu terserah..dan satu lg..jgn menilai seseorang hanya dr luarnya saja.

    ReplyDelete
  9. Saya juga heran ,walaupun udah disenyuminlah dibaikinlah dideketinlah buat tampang semanis mgkin ttp aja mrk menjauh ,setelah ditanya trnyata ngomongnya nda nyambung, suka ngacanginlah pas dipanggil ,nah dgr begitu lgsg aja gw bilang gw ngacangin krn gk dengar ,krn stiap mrk mggil pas kita lagi sibuk gitu lho, kan klo kita sibuk otomatis otak memblokir suara" dari luar agr kita fokus ,nah klo ngmg gk nyambung krn w ngomong yg ada di pikiran...
    #wahmalahjadicurhatnihhehe

    ReplyDelete
  10. Ada baiknya kita tidak disnangi sama orang ..knpa?? karena kita bisa intropeksi buat lebih baik dan setelah kita introfeksi & merenung, kita bisa belajar dan bisa merubah untuk lebih baik lagi setelah ada sikap dari kita yang kurang menyenangkan buat orang lain ... Jika semua orang senang pada kita ..bisa saja kita semakin merasa diatas dan angkuh ..perbuatan itu Allah tidak suka dan sebaliknya di tampakan dengan orang yg tidak suka kepada kita bukti kecintaaan Allah terhadap kita supaya kita bisa berubah lbih baik lagi ... Terima kasih yg menulis tentang ini di blog sangat kuar biasa, ini cukup menginspirasi saya, semoga kebaikan agan di balas oleh Allah Swt aminn ��

    ReplyDelete
  11. Aku juga di sekolah udah berbuat baik tetap aja mreka gak suka malah mereka ngasut yang lain buat benci aku :(

    ReplyDelete
  12. Saya gatau kenapa , tapi semua orang bagaikan menjauh dari saya.... setiap ada temen kumpul pasti gak di ajak padahal semua di undang lengkap

    ReplyDelete
  13. Artikelnya keren. Thanks... akhirnya saya menemukan penyebab kegalauan yang selama ini saya cari..

    ReplyDelete
  14. Artikelnya keren. Thanks... akhirnya saya menemukan penyebab kegalauan yang selama ini saya cari..

    ReplyDelete
  15. Saya juga begitu..saya sering kali merasa tidak disukai sama org lain padahal saya selalu menjaga rahasia teman saya yg curhat2 menjelekkan teman yg lain..justru herannya temen saya yg suka menjelekkan teman yg lain itu yg disukai sementara saya yg slalu berusaha tdk menyinggung perasaan org lain slalu diabaikan..

    ReplyDelete
  16. kemampuan berkomunikasi di tiap orang berbeda-beda, dan gue sering ngeliat orang yang masih sepantaran gue udah hebat berkomunikasi dengan semua orang

    ReplyDelete