FL Studio 11, Kelebihan dan Semua Kelengkapannya

9:59:00 AM 15 Komentar

Beberapa hari yang lalu, gue latihan akustikan sama dua orang temen gue. Salah satu dari dua orang temen gue yang namanya Sapto (bukan nama sebenarnya) nanya ke gue begini: 
Sapto: "eh, lo tau FL studio gak?" 
Gue: "Tau lah, itu kan tempat kita dulu foto buat bikin ktp?"
Sapto: "bukan, cerdas! Itu studio foto. Ini FL Studio, yang software musik buat pc. Lo kan suka musik pasti tau"
Gue: "Iya tau gue, gue suka make tu software ko, dengerin aja hasilnya di soundcloud gue, gue cuman becanda kali tadi. Kenapa?"
Sapto: "Lo pake FL versi berapa?"
Gue: "versi 10 ....."
Sapto: "Abang gue udah versi sebelas dong...."
Gue: "ah paling ga beda jauh ama versi-versi sebelumnya"
Sapto: "oh gitu ya ....."
*hening 5 hari*

Selama 5 hari hening sebenernya gue mikir "wah, ternyata versi sebelasnya udah rilis, harus gue cobain nih kayaknya. Beberapa tahun terakhir ini kan lagi ngetren banget musik-musik dubstep, barangkali aja ada musik dubstep yang dibawa FL versi ini pake format .flp." Jujur aja, buat gue bikin musik dubstep adalah cita-cita yang paling ingin gue gapai secepat mungkin, mungkin agan-agan udah pada master bikin yang beginian mah. Abis mikir-mikir, akhirnya gue upgrade lah FL gue yang versi 10 ke versi 11. 



FL-chan. Maskot yang kawaii
Tanpa basa-basahan langsung gue jalanin tuh software. Logo awalnya yang cukup jauh beda dari versi sebelum-sebelumnya aja udah bikin penilaian gue tentang mainstreamnya FL di tiap update-annya dari tahun ke tahun jadi salah. Pas udah masuk ke FL, langsung lah gue diperkenalkan FL 11 ini dengan 'barang baru'nya (file NewStuff.flp yang otomatis di load saat pertama kali pake software ini), langsung aja gue setel, dan sesuai dugaan gue, ini bukan project biasa, ini adalah 'DUBSTEP in FLP' yang di kasih dari SeamlessR dan di berikan untuk kita tidak lain dan tidak bukan untuk di pelajari. 
Perbedaan dan yang lebih-lebihnya dari FL Studio 11 ini misalnya:

1. Logo awal
Ini emang ga penting banget sih (-_-). Tapi kan gue mau ngebahas yang beda-bedanya juga, haha. Seperti yang mas bro mas bro yang suka buat-buat musik di FL ketahui, FL Studio versi 10 kebawah selalu menonjolkan gambar buah kuning segar yang dimunculkan saat launching software. Kenapa gambarnya buah? Mungkin karena menyimbolisasikan (kata dari bahasa apa ini?) dari nama produk itu sendiri, yaitu diambil dari kata 'Fruit' pada 'Fruity Loops' (kepanjangan FL). FL versi sebelas ini memunculkan kubus dengan angka '11' di dalamnya, tapi logo utama yaitu buah tetap di watermark di sini.
versi 10
logo versi 11. gagal ss -_-
2. NewStuff dubstep
Pas gue dengerin file NewStuff.flp ini, gue seneng banget. Ini file yang gue cari selama ini, dubstep yang bisa gue pelajarin. Maklumin aja gue bukan musisi profesional, cuma software ini yang bisa gue andelin buat bikin musik dengan kualitas super bersih. Kalo ada file dubstep di fl ini, lo jadi bisa belajar gimana caranya bikin nada plus efek yang gila-gila macem lagu-lagunya Skrillex. Meski yang namanya belajar tanpa guru itu emang agak merepotkan, tapi tetep percaya sama kemampuan sendiri ya bro.
Newstuff ini sebenernya lagu Seamless ft. Veela - Sometimes. Browsing aja kalo mau denger :v
3. Sample semakin melimpah
Yang lebih enak lagi, kalo lo mau bikin lagu disini. Ga perlu lagi takut ngebosenin karena samplenya kurang bervariasi di versi sebelumnya, atau ga perlu nyari-nyari plugin tambahan buat 'kick' atau bunyi lain buat bikin beat atau suara2/efek2 lainnya, soalnya lo bakal nemuin banyak banget plugin baru dan sample baru yang semakin melimpah disini yang udah di built-in sama FL 11nya langsung.

4. Semakin banyak 'Cool Stuff'
Di versi ini, FL nyediain tambahan file berformat .flp yang cukup banyak, semuanya terletak di folder 'cool stuff" sama seperti pada versi sebelumnya. Apaan sih gunanya file .flp ini bro? Kalo buat orang yang masih getol dan terus mau belajar tentang program ini pasti bakal paham betul manfaat file .flp ini. Ya gak laen buat di liat lagi teknik-teknik yang digunakan pada lagu tersebut. Jadi kita bisa dengerin lagu sambil ngeliat gimana cara buat musik-musiknya.
coba dengerin seamless bro :s
Sebenernya banyak banget kelebihan di Fruity Loops 11 ini.  Cuma karena gue baru menggunakannya beberapa hari dan masih jarang bereksperimen, gue belum bisa nambahin lebih banyak lagi. Mungkin agan-agan pengguna FL bisa ngasih tau ane apa lagi kelebihannya di box komentar di bawah ini. Satu lagi kredit gue buat temen gue Dicky yang udah ngenalin gue ke software paling berkesan buat gue ini.

Ada yang punya lagu sendiri dari FL? Share yuk ^^


ayo ciptakan seni dari segala hobi
Salam

Link Error

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

15 comments:

  1. Mantap gan,
    ne hsil krye pertame ane

    https://app.box.com/s/zs9vggitzrxjcptozatg

    ReplyDelete
  2. .Check sob , beberapa beat HipHop .. :)
    -------------------------------------------------------------------
    http://www.reverbnation.com/rapclubproduction
    -------------------------------------------------------------------

    ReplyDelete
  3. misi tanya dong, kira" kalo mau cover lagu udah punya instrumennya pake fl studio bisa ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya rekaman pake alat musik ke FL Studio gan? Bisa banget :))

      Delete
    2. Itu maksudnya kita cover lagu orang.. Musiknya udah jadi tinggal kitanya menyanyi. Atau kata lain kita recording lalu ngemix dengan berat kosong. Caranya gimana? Di fl kan cuma bs import MIDI kalo instrumentnya format mp3 dll gmn caranya?

      Delete
  4. native instrument ,,,,,, is a best vst ..... :)

    ReplyDelete
  5. Mksh ya mas....!!!! mapir juga di http://electoneciilik777.blogspot.com ya......?

    ReplyDelete
  6. bedanya fl studio 11 sama fl studio 11 (64bit) apa ya?

    ReplyDelete